Panca Wisata Goa Pindul

Panca Wisata Goa Pindul

Kota Yogyakarta memiliki banyak wisata yang terkenal seperti Alun-Alun Utara, Pantai Baron, Embung Nglanggeran dan Titik Nol Kilometer. Sebagai referensi lain, ada wisata Panca Wisata Goa Pindul yang menawarkan hiburan lengkap bagi pengunjung.

Pengunjung dapat menikmati beberapa aktivitas yang menyenangkan, lebih dari sekadar piknik dan menikmati nuansa Goa Pindul. Bahkan tempat wisata Goa Pindul juga cocok untuk fotografi. Namun sebelum Anda menikmati asyiknya wisata di Goa Pindul, Anda harus menemukan penyedia layanan tiket yang tepat. Panca wisata Goa Pindul merupakan salah satu penyedia layanan tiket yang banyak digunakan oleh pengunjung.

Deskripsi Keindahan Goa Pindul

Goa Pindul dikenal sebagai goa terpopuler di daerah Gunung Kidul. Pindul sendiri adalah goa alami yang terletak di kelurahan Karangmojo, tepatnya berada di desa Bejiharjo, Gunungkidul, Yogyakarta. Kehadiran Goa Pindul alami menjadi salah satu tujuan yang mendukung keberadaan wisatawan di desa Bejiharjo.

Goa Pindul sebelumnya adalah tempat pengasingan namun goa ini bukan digunakan sebagai tempat bagi orang-orang semedi. Goa Pindul berbeda dari goa-goa lainnya yang sering digunakan sebagai tempat bagi orang yang menginginkan sesuatu untuk mewujudkan keinginannya.

Untuk memasuki Goa Pindul, pengunjung akan ditemani oleh pemandu petualangan dari Panca Wisata Goa Pindul. Perlengkapan yang disediakan berupa helm untuk menjaga kepala dari benturan dan sepatu untuk menjelajahi dinding goa selama perjalanan karena goa ini agak licin.

Dengan alat perlindungan yang tepat dari Panca Wisata Goa Pindul maka akan membuat Anda tidak terpeleset. Adapula fasilitas tangki oksigen kalau-kalau pengunjung akan kehabisan oksigen karena suasana di dalam goa sangat sempat. Goa ini juga bisa dikatakan kedap udara dan tidak lupa membawa peralatan senter.

Pintu-pintu goa yang agak sempit membuat petualangan goa semakin lengkap. Goa Pindul adalah objek wisata yang mempunyai aliran air sungai di dalamnya. Goa ini juga masih agak berlumpur karena air yang menetes dari stalaktit. Gelap, lembab, dan kedap udara, membuat tantangan bagi pengunjung yang ingin menjelajahi isi dari goa Pindul.

Goa Pindul juga menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan stalaktit dan stalagmit yang besar dan bagus. Namun pastikan jangan pernah memegang batu yang masih mengalirkan air, karena batu yang masih mengalir artinya stalaktit atau stalagmit masih hidup. Nantinya pengunjung akan diingatkan oleh instruktur dari Panca Wisata Goa Pindul sebelum memasuki goa.

Bagi yang ingin merasakan air mengalir melalui stalaktit dan stalagmit, mitosnya air yang mengalir ini bisa membuat pengunjung nampak muda dan cantik jika digosokkan ke wajah. Namun pengunjung harus menunggu sampai air menetes dari ujung stalaktit dan stalagmit.

Stalaktit dan stalagmit di goa ini sama-sama menariknya, cantik untuk menghiasi semua dinding goa dan akan lebih bersinar ketika terkena cahaya. Stalaktit dan stalagmit di goa Pindul  adalah keindahan yang menakjubkan di masa gelap.

Rute untuk Menuju ke Goa Pindul

Obyek wisata Goa Pindul terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Kabupaten Gunung Kidul adalah sebuah daerah yang terletak 10 km di sebelah tenggara kota Yogyakarta. Gunung Kidul adalah bagian dari salah satu sistem karst kapur tropis terbesar di dunia yang terdiri dari 40.000 bukit di bawahnya.

Di kabupaten Gunung Kidul ini terdapat 119 sistem goa dengan banyak sungai bawah tanah. Dataran tinggi batu kapur ini mengarah ke pantai indah yang terdiri dari tanjung tebing tinggi dan pantai yang indah.

Wilayah Gunung Kidul adalah bagian dari geopark nasional gunung Sewu (seribu gunung), dan pemerintah Indonesia telah menerapkan status geopark internasional UNESCO untuk wilayah gunung Sewu.

Di Kabupaten Gunung Kidul juga terdapat pantai di sepanjang Gunung Kidul dan semua pantainya sangat indah. Nah, untuk bisa sampai ke obyek wisata Goa Pindul yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul, maka Anda bisa sampai ke tempat ini dengan menyewa taksi dan biayanya sekitar 400 ribu rupiah.

Selain menyewa taksi, Anda juga bisa coba naik bus, cukup pergi ke stasiun bus utama (bus 4 dari jalan Maliboro) kemudian naik bus ke terminal Giwangan dan naik jurusan Jogja-Wonosari. Biaya yang dibutuhkan dengan menggunakan bus adalah sekitar Rp 30.000 hingga 50.000.

Anda bisa minta untuk turun di Grogol kemudian naik tukang ojek. Perjalanan menggunakan sepeda motor dari Grogol ke obyek wisata Goa Pindul berjarak 7 km. Anda mungkin akan diminta untuk membayar sekitar Rp 15.000.

Fasilitas Wisata Goa Pindul untuk Pengunjung

Wisata Goa Pindul mempunyai beberapa fasilitas yang sangat memadai di antaranya adalah :

1. Peralatan Cave Tubing Goa Pindul

Bagi pengunjung yang ingin sekali melakukan aktivitas cave tubing di objek wisata Goa Pindul, maka Anda bisa mendapatkan fasilitas dari Panca Wisata Goa Pindul. Fasilitas yang diberikan oleh Panca Wisata Goa Pindul adalah ban, jaket pelampung, sepatu karet dan headlamp untuk bisa menelusuri sungai dalam bawah goa.

2. Tour Guide

Panca Wisata Goa Pindul juga memberikan fasilitas berupa tour guide. Dengan memesan paket wisata di Panca Wisata Goa Pindul maka Anda bisa menyewa tour guide yang bisa menemani perjalanan wisata Anda di Goa Pindul.

3. Tempat Makan

Anda yang lapar atau haus, ada banyak tempat makan di objek wisata Goa Pindul yang menyajikan makanan dan minuman yang pengunjung butuhkan.

4. Kamar Mandi

Objek  wisata Goa Pindul juga menyediakan kamar mandi yang dijamin bersih dan bisa digunakan oleh pengunjung untuk mandi, buang air kecil maupun buang air besar.

5. Tempat Ibadah

Bagi pengunjung yang muslim dan ingin menjalankan ibadah salat fardhu, maka objek wisata Goa Pindul juga menyediakan sebuah tempat ibadah yang sudah dilengkapi dengan tempat wudhu yang bersih dan nyaman.

6. Parkir yang Luas

Fasilitas terakhir yang bisa Anda dapatkan dari wisata Goa Pindul adalah sebuah area parkir yang luas. Jadi untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, ada tempat parkir yang luas untuk memarkirkan kendaraan Anda.

Biaya Masuk Wisata Goa Pindul

Bagi Anda yang sangat ingin berwisata ke Goa Pindul namun tidak tahu berapa anggaran yang harus disiapkan, di bawah ini adalah perkiraan biaya yang bisa Anda keluarkan untuk bisa merasakan asyiknya wisata di Goa Pindul.

Harga tiket masuk Rp 10.000
Harga cave tubing Rp 40.000
Harga jeep offroad Rp 100.000
Harga parkir sepeda motor Rp 2.000
Harga parkir mobil Rp 5000
Harga parkir bus pariwisata Rp 15.000

 

Harga yang tertera di atas juga sudah termasuk biaya untuk menyewa tour guide. Anda bisa mempercayakan wisata Anda dengan Panca Wisata Goa Pindul dengan mengklik situs goapindulofficial.com.

Hanya di goapindulofficial.com, Anda bisa mendapatkan tiket Goa Pindul dengan banyak diskon. Jadi bagi Anda yang bingung mencari tiket dengan harga diskon, pesan saja hanya di goapindulofficial.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Assalamualaikum

Mau pesan tiket Goa Pindul?