Wisata Cave Tubing Goa Pindul

Wisata cave tubing Goa Pindul adalah salah satu pengalaman wisata menyenangkan dan menghibur yang wajib Anda coba apabila Anda sedkang berada di Yogyakarta. Wisata ini tepatnya berada di daerah Karangmojo, Gunung Kidul dan menawarkan banyak sekali pengalaman liburan yang mengasyikkan, salah satunya adalah cave tubing.

Seperti apakah wisata cave tubing Goa Pindul itu sendiri? Dan apa daya tarik lainnya yang dimiliki oleh Goa Pindul selain cave tubing?

Cara Menuju Wisata Cave Tubing Goa Pindul

Cave tubing adalah kombinasi rafting dan caving dengan menggunakan tabung karet. Anda menikmati perjalanan dengan berbaring di dalam satu set tabung dan mengikuti arus sungai bawah tanah.

Cave tubing sangat cocok bagi mereka yang suka bepergian dengan petualangan. Cave Tubing dapat dilakukan secara pribadi atau dalam kelompok. Kegiatan itu sendiri relatif aman dan dapat dinikmati oleh siapa saja dari berbagai kelompok umur.

Instruktur yang ahli dan berpengalaman siap kapan saja untuk memandu para peserta melalui perjalanan, lengkap dengan peralatan keselamatan seperti helm pengaman, tabung karet, lampu kepala, dan jaket keselamatan untuk dipakai seseorang.

Untuk bisa menikmati wisata cave tubing Goa Pindul, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Anda dapat berangkat dari Yogyakarta menuju ibukota Kabupaten Gunungkidul, Wonosari.

Setelah tiba di rute melingkar, Anda bisa belok kiri dan ikuti rute ke Karangmojo. Setelah Anda sampai di perempatan Argopolitan, maka Anda bisa belok kiri sekali lagi ke rute menuju desa dan Anda akan tiba di Desa Bejiharjo dan Desa Gelaran. Nah, lokasi Gua Pindul ini berada di wilayah Bejiharjo.

Tiket dan Harga Wisata Cave Tubing Goa Pindul

Bagi para wisatawan yang membawa peralatan sendiri dan tidak perlu bantuan dari pemandu bisa langsung memasuki Gua Pindul tanpa membayar sepeser pun. Namun, bagi mereka yang tidak tahu bagaimana melakukan cave tubing dan tidak membawa peralatan bisa menghubungi administrator yang bisa menyediakan Anda dengan peralatan dan pemandu wisata.

Untuk paket standar, Anda bisa mendapatkan tiket Goa Pindul dengan membayar sekitar Rp 25.000 – Rp 30.000. Dengan harga itu, para wisatawan akan mendapatkan fasilitas seperti, pemandu wisata, peralatan gua tubing, makanan ringan, dan makan siang.

Ada banyak fasilitas yang tersedia bagi para wisatawan untuk memastikan kenyamanan dalam mengunjungi tempat ini. Beberapa fasilitas seperti :

  1. Peralatan cave tubing (ban dalam, lifejacket, dan headlamp),
  2. Pemandu wisata
  3. Homestay dalam bentuk rumah penduduk lokal khas dengan dinding bambu
  4. Kolam pemancingan
  5. Restoran kecil.

Alasan Mengapa Harus Mengunjungi Wisata Cave Tubing Goa Pindul

Jika Anda datang ke Yogyakarta dan Anda menyukai keindahan alam yang fenomenal, menemukan tempat-tempat tersembunyi, dan keluar dari zona nyaman Anda, berkunjung ke Goa Pindul adalah suatu keharusan.

Wisata cave tubing Goa Pindul Yogyakarta adalah yang terbaik di kawasan ini, a, jadi saat Anda menjelajahi Yogyakarta  jangan takut untuk mencoba menjelajahi wisata ini. selain bisa melakukan cave tubing, ada juga pengalaman wisata lainnya yang menakjubkan seperti hiking, berenang dan wisata kuliner. Berikut adalah alasan mengapa Anda harus mencoba Wisata Cave Tubing Goa Pindul :

1. Memiliki Gua yang Indah

Wisata alam Goa Pindul merupakan gua yang megah dan menjadi salah satu sistem goa terbesar di dunia. Cobalah untuk menjelajahi salah satu keindahan alam paling menakjubkan di muka bumi, yakni  Goa Pindul.

Goa Pindul diberkati dengan lorong-lorong yang tak terhitung jumlahnya dan indah, banyak di antaranya benar-benar indahdan jauh lebih terjangkau. Beberapa lorong di gua ini memiliki tinggi 20 meter.

2. Stalaktit Terbesar Keempat di Dunia

Stalaktit terbesar di Goa Pindul juga merupakan stalaktit terbesar keempat di dunia. Stalaktit  dan stalagmit gabungan ini membutuhkan 4 hingga 5 orang untuk mengelilinginya. Apalagi celah stalaktit ini bisa dilewati oleh orang dewasa.

Ada juga “puting stalaktit” yang disebut oleh warga setempat, konon bisa membuat wanita lebih cantik dan awet muda dengan tetesan airnya.

3. Sungai yang Indah untuk Berenang

Bagi anak-anak, akan menyenangkan untuk berenang di zona cerah, atau melompat dari bebatuan ke dalam air dan melihat beberapa ikan hidup di sekitar sungai.

Pesona gua ini juga dilengkapi oleh ornamen abstrak alami di sepanjang dinding gua. Ada juga beberapa tirai air yang terbuat dari tetesan air dari dinding gua. Kerumunan kelelawar yang tergantung di atas gua akan menemani Anda mencapai ujung gua.

4. Trekking

Keindahan alam Goa Pindul yang masih alami bisa ditelusuri lebih lanjut dengan melakukan trekking di sekitar goa. Anda dapat melakukan trekking lebih dalam namun harus tetap menggunakan bantuan pemandu..

5. Wisata Kuliner

Bagi pecinta kuliner semua makanan di Goa Pindul sangatlah lezat dan hidangan makanannya yang khas lokal ini sangatlah menarik untuk coba dicicipi. Kapan lagi bisa merasakan masakan enak khas Yogyakarta asli buatan warga jika tidak di wisata cave tubing Goa Pindul.

Sekedar tips bagi yang ingin cave tubing di goa ini adalah Anda perlu memakai perangkat apung yang tepat. Pastikan jaket pelampung Anda pas di tubuh Anda. Anda harus nyaman dengan itu, dan pastikan bahwa tidak ada kemungkinan jaket pelampung Anda bisa tertarik atau terlepas.

Kemudian selalu kenakan helm. Jangan terlalu sok kuat, selalu pakai helm sebagai pelindung. Jangan lupa pegang dayung dengan benar: Sangat penting untuk memegang dayung dengan benar.

Salah satu tangan Anda harus berada di dasar dayung sementara tangan lainnya harus memegang ujung poros di atas pegangan “T”. Cara ini akan membantu melindungi setiap pukulan yang tidak disengaja pada mata atau gigi Anda dengan genggaman dayung, jika itu terjadi.

Kemudian bersiaplah untuk berenang, jika dalam kesulitan. Bahkan dengan tindakan pencegahan terbaik, Anda harus tahu bagaimana cara untuk berenang. Cobalah mencari isyarat panduan jika Anda jatuh ke dalam air.

Nah, bagi Anda yang bingung menemukan pemandu yang tepat atau bingung cara memesan tiket wisata cave tubing di Goa Pindul, Anda bisa membeli paket wisata hematnya hanya di goapindulofficial.

Di situs tersebut Anda bisa dapatkan berbagai fasilitas yang menunjang Anda untuk menjelajahi wisata Goa Pindul mulai dari tempat untuk mandi dan buang air besar, fasilitas makan siang dan snack serta pemandu wisata.

Selain itu, di goapindulofficial juga menawarkan tiket wisata Cave tubing Goa Pindul dengan harga yang murah dan tiket bisa dilayani dengan sistem preorder.  Berbagai jenis paket wisata susur goa juga tersedia dengan harga yang sangat terjangkau.

Jika Anda belum menemukan apa yang Anda cari, lihat panduan lengkap kami untuk semua yang perlu Anda ketahui tentang Goa Pindul di goapindulofficial.

8 Alasan Mengunjungi Wisata Alam Goa Pindul

Kamu sedang mencari wisata alam yang indah di daerah Jogjakarta? Jangan bingung, kamu bisa menemukan wisata alam yang indah, menyenangkan, menegangkan dan menguras adrenalin. Wisata Jogjakarta satu ini akan menjadi momen yang tidak akan terlupakan. Di mana sih wisata itu? Ya, kamu bisa menemukan wisata alam yang menarik di Goa Pindul. Wisata alam Goa Pindul ini tidak hanya terkenal di Yogyakarta namun juga terkenal di seluruh negeri. Bahkan keindahan goa ini juga terkenal di berbagai belahan dunia.

Jadi buat kamu yang ingin sekali berwisata dengan suasana alam yang indah, menakjubkan dan menantang adrenalin, maka kamu harus memasukkan daftar wisata alam Goa Pindul ini ke referensi wisata kamu. Ada beberapa alasan mengapa kamu harus mengunjungi wisata alam Goa Pindul, apa sajakah itu?

8 Alasan Mengunjungi Wisata Alam Goa Pindul

Di bawah ini ada beberapa alasan mengapa wisata alam Goa Pindul ini harus menjadi daftar utama referensi wisata kamu ketika berkunjung ke Jogja. Apa sajakah itu?

1. Sudah Ada Sejak Jutaan Tahun yang Lalu

Pertama, wisata ini memiliki sejarah yang panjang. Jadi goa ini sudah ada sejak jutaan tahun yang lalu menurut informasi dari warga sekitar. Goa ini memiliki usia yang sudah sangat tua namun keindahannya tidak pernah memudar. Meski usia goa ini sudah mencapai jutaan tahun segala ornamen yang ada di dalam goa masih terlihat jelas.

2. Wisata Alam yang Fenomenal

Kedua, wisata alam Goa Pindul ini bisa dikatakan fenomenal karena destinasi Gunung Kidul ini tidak hanya terkenal di Indonesia saja, namun keindahnya terkenal di seluruh dunia. Hal ini terbukti dari banyaknya turis asing yang dilaporkan sering mengunjungi wisata ini. Jadi,  jumlah wisatawan asing di Goa Pindul ini tidak kalah banyak dari jumlah wisatawan lokal.

3. Memiliki Keindahan yang Luar Biasa

Goa Pindul ini terkenal dengan keindahannya sehingga tidak heran bahwa wisatawan luar kota dan luar negeri juga berdatangan ke goa ini. Keindahan objek wisata Gunung Kidul ini juga sering sekali diliput oleh televisi lokal dan nasional. Kemudian foto-foto goa ini juga selalu tersebar di berbagai situs dan sosial media. Untuk kamu yang penasaran bagaimana keindahan dari Goa Pindul, maka kamu harus mengunjungi wisata alam Goa Pindul.

4. Mitos yang Unik

Alasan selanjutnya harus mengunjungi wisata alam Goa Pindul adalah mitosnya. Jadi mitos yang ada di Goa Pindul ini adalah apabila ada pengunjung wanita yang menyentuh sebuah batu mutiara yang ada di goa ini maka dia akan cantik dan juga akan awet muda. Selain itu siapa pun yang terkena tetesan air dari batu mutiara yang ada di Goa Pindul ini juga dikatakan akan awet muda.

Terlepas dari benar atau tidaknya mitos tersebut, kamu memang harus berkunjung ke wisata alam Goa Pindul jika benar-benar ingin tahu keindahan objek wisatanya.

5. Wisata yang Murah

Wisata alam Goa Pindul juga dikatakan sebagai sebuah wisata yang murah. Bagi kamu yang mencari destinasi wisata yang murah meriah, maka sebaiknya kamu mengunjungi wisata ini. Harga masuk Goa Pindul sangat terjangkau untuk semua kalangan karena tidak mencapai Rp100.000.

Dengan biaya tersebut, maka kamu sudah bisa melihat wisata cave Tubing yang ada di Goa Pindul. Kapan lagi sih kamu bisa merasakan sensasi wisata yang berbeda dari wisata yang lainnya jika bukan di wisata alam Goa Pindul?

Cave tubing di Goa Pindul ini akan membuat pengalaman wisata kamu tidak akan terlupakan. Dengan biaya tiket masuk yang kurang Rp 100.000, kamu sudah bisa menjelajahi destinasi wisata Goa Pindul sepuasnya.

6. Fasilitas yang Memadai

Nah, di Goa Pindul ini dengan biaya tiket yang murah, ternyata kamu sudah bisa mendapatkan fasilitas dan layanan yang cukup memadai dari Goa Pindul. Apa saja sih fasilitas yang akan kamu dapatkan dengan biaya kurang dari seratus ribu rupiah tersebut? Nah,  fasilitas yang didapatkan dengan membayar harga tiket adalah biaya masuk dan fasilitas cave tubing.

Untuk bisa melakukan cave tubing di Goa Pindul, maka kamu akan mendapat jaket pelampung, sepatu karet yang tahan air, fasilitas basecamp, minuman, makanan, asuransi kesehatan dan tidak lupa kamu juga akan mendapatkan layanan dari pemandu yang berpengalaman.

7. Wisata yang Aman

Goa Pindul adalah destinasi yang sangat aman untuk dikunjungi oleh siapapun baik anak-anak di bawah usia 5 tahun maupun orang tua karena debit air yang ada di goa ini tidak deras sehingga siapapun akan aman untuk melakukan cave tubing di goa Pindul.

Bagi kamu yang takut dengan air dan tidak bisa berenang juga takut gelap ataupun takut dengan kelelawar dan hewan-hewan lainnya, tenang saja! Pemandu wisata akan menjamin bahwa perjalanan cave tubing kamu ini benar-benar aman tanpa perluu ada rasa was-was.

8. Stalaktit dan Stalakmit yang Besar

Stalaktit dan stalagmit, keduanya ditemukan di Goa Pindul. Setidaknya mudah untuk melihat perbedaan antara stalaktit dan stalagmit, yang juga disebut dripstone. Ketika air mengalir melalui tanah dan masuk ke goa, air melarutkan mineral yang disebut kalsit  dan membawanya melalui celah-celah di langit-langit.

Air yang menetes meninggalkan jejak kalsit, yang perlahan-lahan menumpuk di langit-langit sampai stalaktit terbentuk, menggantung seperti es. Air dari ujung stalaktit membuat lebih banyak kalsit dalam tumpukan di dasar goa, dan segera saja bentuk stalagmit seperti kerucut. Itu sebabnya stalaktit dan stalagmit biasanya ditemukan berpasangan. Terkadang keduanya tumbuh bersama untuk membentuk pilar atau kolom.

Kondisi yang mendukung adanya pengendapan adalah karena batuan induk di atas goa,  pergerakan ke bawah air yang disuplai dari hujan, lorong yang rapat tapi terus menerus teraliri air yang menentukan tetesan yang sangat lambat dan ruang udara yang cukup dalam untuk memungkinkan pengoapan atau keluarnya karbon dioksida dari air. Nah, Stalaktit dan stalagmit di Goa Pindul ini amatlah besar dan membentuk sebuah ornamen yang indah.

Nah, bagi kamu yang bingung mencari tiket Goa Pindul yang murah, kamu bisa mengunjungi goapindulofficial.com. Di situs ini kamu bisa mendapatkan harga tiket dengan murah dan ada banyak diskon menanti. Ya, diskon akan diberikan jika kamu membawa banyak  teman. Kemudian kamu juga bisa lho pesan tiket wisata alam Goa Pindul secara pre order.

Dengan membeli tiket di goapindulofficial.com, maka kamu akan mendapatkan berbagai fasilitas dan layanan yang memuaskan mulai dari sewa perlengkapan cave tubing, makanan, minuman, asuransi, fasilitas MCK dan masih banyak lagi. Jadi mau tunggu apalagi nih? Yuk, pesan segera tiketnya. Kamu bisa memesan tiket masuk ke wisata alam Goa Pindul dengan harga paling murah hanya di goapindulofficial.com.

Harga Masuk Goa Pindul

Apakah kamu mencari wisata yang anti mainstream di Jogjakarta? Apakah kamu mencari sebuah wisata yang memiliki spot foto bagus dan alami? Apakah kamu mencari sebuah wisata yang menantang adrenalin? Kalau kamu mencari wisata yang anti mainstream, menantang dan juga memiliki pemandangan yang masih alami, sepertinya kamu harus datang ke wisata Goa Pindul Gunung Kidul. Harga masuk Goa Pindul juga terbilang murah.

Nah, di obyek wisata Goa Pindul ini ada berbagai aktivitas yang benar-benar menguji keberanian kamu. Meskipun begitu kamu tidak akan menyesal telah berwisata ke Goa Pindul yang sangat populer ini. Seperti apa sih keindahan Goa Pindul yang berlokasi di Gunungkidul ini?

Dan berapa harga masuk Goa Pindul yang perlu Anda keluarkan agar bisa menikmati fasilitas dan layanan yang disediakan oleh pengelola wisata Goa Pindul? Cari tahu lebih lengkapnya di bawah ini.

Hal Unik dari Goa Pindul

Ada beberapa hal yang membuat goa ini unik dibandingkan dengan goa lainya, apa sajakah itu?

1. Aktivitas Wisata yang Menyenangkan

Goa Pindul menawarkan berbagai pemandangan alam yang menarik dan pengalaman perjalanan yang unik untuk dicoba. Goa ini memberikan  aktivitas menikmati wisata yang anti mainstream.

Cave tubing adalah kegiatan susur sungai menggunakan rakit atau ban dalam. Goa Pindul memiliki rangkaian tujuh goa dengan sungai bawah tanah di wilayah kelurahan Bejiharjo. Aliran sungai yang tenang di goa ini yang memungkinkan kamu dan wisatawan lainnya untuk menjelajahi sungai dengan ban pelampung.

2. Aman Untuk Segala Usia

Meski kedalaman sungai ini mencapai  12 meter, air yang mengalir di goa ini sangat tenang sehingga wisata goa Pindul ini aman untuk segala usia baik anak-anak, remaja, pemula, bahkan wanita hamil.

3. Ada 3 Zona

Goa Pindul memiliki panjang sekitar 350 meter dengan lebar 5 meter dan kedalaman hingga 12 meter. Goa Pindul juga memiliki ketinggian antara permukaan air hingga atap goa sekitar 4 meter.

Nah, untuk cave tubing di goa ini, kamu akan melewati 3 zona; zona terang, redup, dan gelap dengan waktu perjalanan sekitar 45 menit.

4. Ada Seberkas “Cahaya Surga”

Di tengah-tengah goa Pindul ada area yang cukup luas dengan lubang di bagian atas goa yang disebut dengan istilah “cahaya surga” oleh penduduk lokal setempat. Cahaya matahari yang menembus lubang ini dinamakan dengan “cahaya surga” karena mampu menciptakan pemandangan yang indah dan suasana yang sangat menakjubkan.

5. Stalaktit dan Stalagmit Besar

Stalaktit yang tergantung dari langit-langit goa umumnya menunjukkan tabung pusat atau bekas tabung yang diameternya adalah setetes air yang tergantung oleh tegangan permukaan..

Stalagmit memiliki proporsi yang lebih tebal dan tumbuh di dasar goa dari sumber air yang sama, mineral yang darinya diendapkan setelah tetesan air jatuh melintasi ruang terbuka di batu.

Nah, stalaktit dan stalagmit di goa Pindul ini sangat besar dan kuno dengan ukuran sekitar lima lengan orang dewasa.

Lokasi Goa Pindul Gunung Kidul

Untuk kamu yang tidak tahu dimana sih sebenarnya lokasi Goa Pindul Yogyakarta ini, kamu bisa datang ke kabupaten Gunung Kidul. Nah, Goa Pindul ini sebenarnya berada di kecamatan Karangmojo tepatnya ada di Desa Gelaran 1. Nah,  Desa Gelaran 1 ini berada di Kelurahan Bejiharjo.

Goa Pindul  ini letaknya hanya sekitar 7 km dari alun-alun kota Wonosari. Nah, kota Wonosari ini merupakan pusat kotanya kabupaten Gunungkidul yang indah. Jika kamu berangkat dari pusat Kota Jogjakarta maka akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari pusat Kota Jogjakarta menuju ke Wonosari. Sementara dari Wonosari ke Goa Pindul ini tidaklah memakan waktu yang lama karena jaraknya hanya 7 km.

Rute Untuk Menuju Ke Wisata Goa Pindul

Jika kamu menggunakan sepeda motor maupun kendaraan pribadi, kamu bisa mengambil jalan menuju ke Wonosari. Dari Jalan Wonosari ini kamu hanya perlu lurus aja sampai naik ke atas hingga sampai ke Patuk. Dari Patuk, Kamu hanya perlu lurus saja hingga kamu menemukan Taman Hutan Rakyat.

Setelah dari Taman Hutan Rakyat atau sering disingkat Tahura ini maka kamu nantinya akan menemukan sebuah pertigaan Gading. Nah, dari pertigaan Gading ini kamu bisa mengambil arah menuju ke alun-alun Wonosari.

Setelah dari alun-alun Wonosari, maka kamu akan melihat sebuah Bundaran bernama Siyono. Dari bundaran Siyono ini maka Kamu bisa ambil kiri dan lurus saja maka kamu akan menemukan papan petunjuk untuk menuju ke Goa Pindul.

Sementara untuk kamu yang tidak punya kendaraan pribadi. kamu masih bisa lho menggunakan kendaraan umum. Caranya adalah naik bus dari terminal Giwangan. Nah, kamu perlu naik bus menuju ke Wonosari setelah itu kamu bisa turun di perempatan Grogol. Sesampainya di perempatan Grogol maka naiklah ojek untuk bisa sampai ke wisata Goa Pindul.

 Jam Buka Goa Pindul

Supaya kamu tidak salah waktu berkunjung, kamu harus tahu mengenai jam operasional Goa Pindul agar rencana wisata kamu ini benar-benar sesuai dan kamu bisa benar-benar puas untuk berwisata di Goa Pindul. maka kamu harus mengetahui jam berapa sih Goa Pindul ini bukanya.

Jam buka Goa Pindul ini dimulai pukul 6.30 hingga 17.00 WIB. Jadi untuk kamu yang ingin puas bermain di Goa Pindul, datanglah ketika pagi hari sehingga kamu bisa menikmati wisata ini sepuasnya tanpa tanpa terburu-buru.

Harga Masuk Goa Pindul

Lalu berapa harga masuk Goa Pindul itu sendiri? Harga yang perlu dikeluarkan untuk tiket Goa Pindul ini sekitar Rp 35.000.  Lalu di mana kamu bisa mendapatkan Harga masuk Goa Pindul  yang murah? Nah, kamu bisa mendapatkan harga tiket masuk ke Goa Pindul ini dengan membelinya di goapindulofficial.com.

Mengapa kamu harus membeli tiket harga masuk Goa Pindul di goapindulofficial.com?

1. Murah dan Ada Diskon

Pertama, harga masuk Goa Pindul di goapindulofficial.com sangat murah. Apalagi untuk kamu yang membawa rombongan, maka kamu akan mendapatkan harga diskon dari goapindulofficial.com. Jadi, jangan datang sendiri, ya! Ajak teman-teman kamu dan rasakan sensasi menyenangkan dengan cave Tubing di Goa Pindul.

2. Fasilitas Lengkap

Kedua, fasilitas yang ditawarkan oleh goapindulofficial.com ini lengkap. Goapindulofficial.com memberikan fasilitas wisata yang lengkap mulai dari penyewaan baju keselamatan, makanan ringan,  makanan berat seperti nasi hingga fasilitas MCK.

3. Dikelola Warga Lokal

Nah, alasan yang ketiga adalah bisnis ini milik penduduk lokal. Jadi jika kamu membeli tiket harga masuk Goa Pindul di goapindulofficial.com, maka kamu membantu ekonominya warga lokal.

Ya,  goapindulofficial.com adalah bisnis yang dikelola oleh warga lokal Desa Gelaran, jadi dengan dengan kamu membeli tiket harga masuk Goa Pindul di situs ini maka kamu turut menyumbangsih ekonomi warga lokal desa Gelaran.  Jadi tunggu apalagi? Segera pesan tiketnya hanya di goapindulofficial.com.

Open chat
Assalamualaikum

Mau pesan tiket Goa Pindul?